Friday 27 March 2009

Belajar Menjadi Kaya kepada Abdurrahman bin Auf (Bagian 2)

Alhamdulillah, saya bisa melanjutkan tulisan ini ke bagian 2. Oke mari kita pelajari cara Abdurrahman bin Auf menjadi kaya.

Ketika hijrah ke Madinah, Abdurrahman bin Auf dipersaudarakan dengan Sa'ad bin Rabi' Al-Anshari, salah seorang kaya yang pemurah di Madinah. Abdurrahman pernah ditawari Sa'ad untuk memilih salah satu dari dua kebunnya yang luas. Tapi, Abdurrahman menolaknya. Ia hanya minta kepada Sa'ad ditunjuki lokasi pasar di Madinah. Nah, apa pelajaran dari sini? Abdurrahman bin Auf dipersaudarakan dengan Sa'ad bin Rabi' Al-Anshari, dimana Sa'ad bin Rabi' Al-Anshari ini adalah seorang yang kaya raya di Madinah. Ketika Abdurrahman ditawari setengah harta kekayaannya, Abdurrahman bukannya menerima tapi malah menolaknya. Justru yang diminta oleh Abdurrahman adalah agar Sa'ad bin Rabi' menunjukkan lokasi pasar.

Ini adalah kecerdasan finansial seorang Abdurrahman bin Auf. Kalau kita ditawari seperti itu oleh seorang yang kaya, kita mungkin akan mengambil sikap yang berbeda dengan Abdurrahman. Kita akan mengambil pilihan setengah harta yang diberikan. Namun bagi yang memiliki kecerdasan finansial seperti Abdurrahman tentu akan bertanya kepada si orang kaya tersebut,
"Bagaimana caranya saya bisa seperti Anda?",
"Anda sebagai orang yang kaya tentu tau cara berbisnis yang baik, ajarkanlah saya.",
"Anda tentu tau darimana saya bisa mendapatkan barang yang bagus dan murah, tunjukkan saya letaknya.",
"Tunjukkan pada saya lokasi pasar (mall, pusat belanja, dsb) di kota ini. Saya akan bisnis disana."
"Tunjukkan saya dimana membeli barang yang bagus dan murah? Sehingga saya bisa menjualnya kembali dengan keuntungan yang bagus."
"Tunjukkan saya dimana mencari tenaga kerja yang handal, yang bisa membantu bisnis saya." dan mungkin pertanyaan-pertanyaan lainnya yang bisa mengarahkan kita agar bisa kaya sama seperti orang kaya tersebut.

Itulah alasan Abdurrahman bin Auf meminta Sa'ad bin Rabi' untuk menunjukkan kepadanya lokasi pasar. Karena seorang yang kaya tentunya memiliki pengetahuan-pengetahuan yang tidak kita ketahui seperti itu. Orang kaya tentunya tahu darimana mendapatkan modal, tahu darimana mendapatkan barang yang bagus dan murah, tahu trend bisnis seperti apa, tahu bisnis yang bagus dan yang tidak, dan lain sebagainya.

Jadi pelajaran pertama dari Abdurrahman bin Auf agar kita menjadi kaya adalah bertanya kepada seorang yang kaya dengan pertanyaan-pertanyaan yang bisa mengarahkan kita agar bisa kaya sama seperti orang kaya tersebut.

Pelajaran berikutnya akan kita bahas pada bagian selanjutnya... Tetap ikuti tulisan saya ini dan simak baik-baik... :)

No comments: